Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa KPU Menganjurkan Menanam Bibit Pohon Untuk Seluruh KPPS?

Terdapat sesuatu yang unik saat sebelum pelantikan KPPS pada tahun 2024 dilaksanakan. Kegiatan unik tersebut adalah menanam bibit pohon serentak oleh seluruh anggota KPPS.

Penanaman Bibit Pohon oleh Anggota KPPS 07 Kelurahan Wonosari
Penanaman Bibit Pohon | Dokumentasi Pribadi
Kamis 25 Januari 2024. Adalah hari pelantikan sekaligus bimtek (Bimbingan Teknik) seluruh anggota KPPS Kecamatan Ngaliyan.

Sebelum bimtek para anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dianjurkan untuk menanam bibit pohon kemudian didokumentasikan lalu akhirnya dikirim ke KPU. Untuk apa menanam pohon?

Jika dilansir dari berita.depok.id Aksi tersebut sebagai simbol mengganti kertas untuk logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon keras. contoh pohon keras adalah Alpukat, Nangka, Cempedak, Matoa, Sukun, Aren, Rasamala, Puspa, cempaka, Mindi, Ketapang, Jabon Putih, Beringin, Sempur, Mahoni, Gandaria dan Kayu Putih.

Ya kira-kira begitulah yang saya dapat dari internet. 

Awalnya saya merasa kaget dan heran mengapa harus menanam sebuah pohon sebelum dilantik menjadi KPPS. Tapi setelah tahu alasannya ternyata baik juga, walaupun cuma nanem satu biji.

Logistik Pemilu banyak yang berasal dari pohon, banyak TPS dibangun di bawah pohon, untuk itu hargailah pohon. KPU tradisikan Penanaman Pohon Demokrasi dengan harapan semangat demokrasi dapat tumbuh berkembang baik di Indonesia. Begitulah kata Ketua KPU.

Mungkin kegiatan itu juga dilakukan untuk menyangkal bahwa pemilihan umum 2024 merusak lingkungan karena banyaknya kertas yang digunakan dalam prosesnya.

Melibatkan diri dalam kegiatan menanam dapat menjadi sumber pendidikan dan kesadaran lingkungan. 

Ide ini sangat baik, tapi pada saat itu info yang didapat oleh anggota KPPS waktunya terkesan mepet. Mungkin akan lebih baik juga bibit tanamannya disediakan oleh KPU hehe.

Sepertinya akan selalu diadakan penanaman pohon sebelum pemilu pada tahun-tahun berikutnya. Atau mungkin nanti akan ada cara lain.

Penanaman Bibit Pohon Pelantikan KPPS
Penanaman Bibit Pohon | Dokumentasi Pribadi
Sekali-kali titip foto.

Penanaman ini serentak dilakukan oleh seluruh anggota KPPS diseluruh Indonesia, tapi saya tidak tahu juga, apakah diluar negeri melakukan hal yang sama.

Dalam setiap pohon, ada kisah tentang kehidupan. Menanam pohon berarti menulis kisah kebaikan untuk bumi kita.

Menanam pohon bukan hanya sekadar menanam kayu, tetapi merawat kehidupan yang akan tumbuh dan berkembang di sekitarnya.

Selamat bekerja untuk para anggota KPPS yang sudah dialantik. Semoga semuanya berjalan dengan lancar sampai tanggal 25 Februari 2024.

Sampai jumpa ges. Terima kasih pohon, jangan lupa makan ya.

1 komentar untuk "Mengapa KPU Menganjurkan Menanam Bibit Pohon Untuk Seluruh KPPS?"

  1. Kalo ini aku setuju. Kita masih tergantung banget Ama kertas soalnya, sementara kertas dari pohon. Pohon habis ditebang, yg rugi kita juga Krn bencana alam malah akan menjadi..

    Semoga memang kesadaran akan pentingnya pohon ini makin meluas, jadi Orang2 ga sembarangan menghancurkan hutan dan pohon hanya demi keuntungan pribadi

    BalasHapus