Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Domain Gratisan Blogspot Berpengaruh dalam Pendaftaran Adsense?

Pertanyaan tersebut sering kali muncul dari seorang blogger pemula seperti saya. Selalu ada keraguan saat mendaftarkan domain gratisan blogspot ke Google Adsense.

Blogger adsense, Blogspot bisa kok daftar adssense
Blogspot to AdSense | novariout.blogspot.com
Keraguan blogger pemula tentang domain blogspot.com dalam blog nya sering kali membuat sebuah dilema.

Hampir kebanyakan blogger lebih memilih domain TLD daripada domain gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com, karena menganggap domain TLD lebih profesional dalam sebuah web.

Walaupun terdapat keuntungan menggunakan domain TLD daripada blogspot, tetapi domain gratisan blogspot sepertinya tidak memiliki pengaruh yang sangat signifikan saat mendaftar Adsense.

Domain Gratisan Blogspot Tidak Berpengaruh dalam Adsense

Ini merupakan pendapat saya saja. Selama saya membaca berbagai ketentuan di berbagai akun Google dan bertanya kepada para master blogger. Domain gratisan tetap bisa diterima di Google Adsense kemungkinannya sama dengan blog TLD.

tidak ada ketentuan khusus untuk blog berdomain gratisan untuk mendaftarkan Adsense. Bahkan saya juga melihat berbagai video dari kanal Google AdSense, bahwa tidak ada yang menyebutkan bahwa harus menggunakan TLD untuk diterima Adsense.

Yang terpenting adalah keunikan sebuah konten. Selama blog memiliki kelayakan di mata Adsense maka tidak menutup kemungkinan akun blogspot juga dapat diterima.

Selain itu sebuah blog juga harus mematuhi kebijakan konten program AdSense. Di lama support Google sudah dijelaskan secara jelas terkait poin-poin tersebut.

Contoh Blog dengan Domain Gratisan Blogspot yang Berhasil Di Approve AdSense

Tentunya saya juga sudah mencari berbagai blog yang menggunakan domain gratisan seperti blogspot yang berhasil di approv oleh AdSense. Mungkin salah satu web paling lagend adalah "strukturkode.blogspot.com".

Strukturkode

Web yang memiliki alamat URL strukturkode.blogspot.com ini memang sangat luar biasa. Bagi para blogger pasti sudah tidak asing dengan blog ini, bahkan strukturkode bisa dibilang memiliki SEO yang sangat luar biasa.

Terbukti blog tersebut mampu bersaing dengan blog perusahaan-perusahaan besar di halaman pertama Google. Blog strukturkode hingga saat ini masih aktif dan masih tetap menggunakan domain blogspot.com, bahkan iklannya lumayan banyak.

Peternakganteng

Ini blog agak unik sebenarnya. Saya menemukan blog ini di komentar Facebook saat ada yang bertanya tentang "apakah domain gratisan seperti blogspot bisa diterima AdSense?".

Blog peternakganteng.blogspot.com membahas tentang ilmu peternakan, kata pemilikinya blog tersebut hanya berisikan 20an artikel saja. Bahkan dia iseng-iseng mendaftar AdSense setalah 3 tahun.

Saya tidak tahu apakah blognya ramai atau tidak seperti strukturkode. Tapi niche dari blog tersebut bisa dibilang unik dan persaingannya di Google juga masih sedikit. Good Job mas.

Cak Mustop

Blog yang bernamakan Cak Mustop ini merupakan blog yang saya temukan ketika sedang mencari sesuatu informasi. Setelah saya telusuri ternyata blog tersebut masih menggunakan domain blogspot.com, jika dilihat dari tampilannya blog ini minimalis.

Blog ini sangat gado-gado, postingannya juga sangat sulit ditebak. Blog Cak Mustop terakhir upload artikel pada 10 Maret 2023 tentang Pusdiklat Baznas RI 2023.

Pustakawan Jogja

Pustakawan Jogja memiliki artikel yang kebanyakan tentang lowongan kerja pustakwan di seluruh Indonesia. Tidak jarang juga terkadang membagikan tulisan yang bertemakan How to make dan opini.

Pustakawan Jogja ini sampai sekarang masih aktif, dari tahun 2015 sampai 2023 masih terus konsisiten dengan kontennya. Bahkan pada tahun 2023 telah menulis artikel sebanyak 116, hingga tulisan ini dibuat.

Blog tersebut beralamatkan di pustakawan.blogspot.com. Blog ini bisa dibilang sangat lengkap membahas tentang kepustakaan. Pustakawan muda dikelola oleh Teguh Prasetyo Utomo.

Mungkin masih banyak lagi blog yang menggunakan blogspot.com yang diterima oleh Google AdSense. Tidak menutup kemungkinan bahwa blog kalian juga bisa approve.
Google Adsense Wallpaper
Google AdSense | support.google.com

Faktor Penting Yang Menjadi Pertimbangan Pendaftaraan Google AdSense

Terkadang blogger pemula tidak memperhatikan faktor penting, mereka hanya menulis sebanyak mungkin dan membagikan tulisan mereka dengan jangkauanyang lebih besar.

Faktor ini mungkin merupakan faktor penting yang menjadi pertimbangan Google agar diterima AdSense, walaupun saya yakin tetap masih ada faktor lain yang mempengaruhi faktor di bawah ini.

Konten yang Unik dan Berkualitas

Sudah banyak dibahas dimana ditempat lain. Konten adalah hal yang paling utama di mata Google. Blog harus memiliki keunikan dan original dimata Google dan pembaca.
  • Konten harus orsinil
  • Konten yang informatif
  • Padat, jelas, rinci, dan tidak terlalu singkat
  • Sertakan gambar, info grafis, atau video bila perlu
  • Biasanya para blogger menulis dengan 500-2000 kata
Konten yang berkualitas biasanya akan lebih dilirk oleh Google. Mungkin terdapat lagi beberapa poin yang berkaitan dengan konten selain yang saya sebut diatas. Hal tersebut sudah di ungkapkan oleh Google support.

Umur Blog Masih Baru

Jika para blogger sudah memiliki konten yang bisa dibilang orisinil dan unik tapi umur blog masih belum ada satu hari atau satu mnggu, sepertinya AdSense akan menolak blog tersebut.

Untuk minimal artikel dalam blog mungkin biar lebih amannya adalah buat 20 artikel terlebih dahulu baru setelah itu coba daftarkan.

Lebih aman lagi mungkin tunggu minimal 3 bulan lalu setelah itu coba daftarkan ke AdSense. Mendaftarkan blog ke Google Webmaster dan Analytic juga sangat penting.

Trafik Masih Sangat Rendah

Trafik blog yang sangat rendah tidak akan. Ini bisa dibilang adalah faktor yang sangat berat dan membuat depresi para blogger. Biasanya pemula menyerah dalam hal ini.

Membagikan tulisan di berbagai media sosial sepertinya sangat membantu, tapi jangan sampai blogmu terkena spam.

Jangan sekali-kali berbuat curang untuk sekedar menaikan trafik blog, blog walking mungkin bisa coba juga. Yang terpenting jangan melakukan spam.

Tampilan UI/UX Tidak Friendly

Selain harus nyaman di mata mesin crawler Google, blog juga harus nyaman di mata para pembaca, terlebih lagi tampilan pada versi smartphone.

Bahkan saat ini Google crawler tidak hanya menggunakan desktop saja melainkan juga menggunakan smartphone untuk meng crawler website. Hal itu dapat dilihat di halaman Google Webmaster Tool.

Semua menu navigasi dan semua atribut dalam blog harus jelas mengarah kemana. Pastikan semua klik tertuju pada halaman yang sesuai, pastikan juga semuanya dapat di klik.

Pemilik Blog Harus Berusia 18 Tahun Keatas

Bocil dilarang daftar ya ges. Peraturan tersebut telah jelas tertulis di halaman support Google. Kalau tidak salah diletakan dipoin ketiga setelah kebijak AdSense.

Atau minimal kalau tinggal di Indonesia harus memiliki KTP baru bisa mendaftar AdSense. Sepertinya yang satu ini sering terlewatkan.

Penutup

Intinya adalah, blog dengan domain gratisan seperti blogspot.com masih bisa diterima Google AdSense. Yang terpenting adalah isi konten, trafik, tampilan, umur blog, dan usia pemilik blog.

Jangan lupa juga untuk mematuhi kebijakan AdSense agar akun tidak di suspend saat nanti sudah diterima AdSense. Untuk lebih pastinya coba baca ketentuan tentang Google AdSense di laman support Google.

Atau cari tahu sendiri lewat orang dalam Google yang berkaitan. Terima kasih semoga sehat selalu.

Posting Komentar untuk "Apakah Domain Gratisan Blogspot Berpengaruh dalam Pendaftaran Adsense?"