Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepribadianku Berdasarkan MBTI: ISTP dan INTP Semuanya Sama Saja

Myers Briggs Type Indicator (MBTI), adalah alat penilaian psikologis yang dirancang untuk membantu individu memahami preferensi dan kecenderungan psikologis mereka. Ini didasarkan pada teori psikologi yang dikembangkan oleh Carl Jung.

Kepribadian MBTI ISTP dan INTP
MRTI: ISTP dan INTP Saya Tidak Tahu | animolife.id

Tes kepribadian dengan MBTI menurut saya agak sedikit kurang valid. Tapi bagaimanapun itu saya masih lebih menanggapi tes kepribadian berdasarkan MBTI dari pada percaya dengan zodiak.

Saya tidak terlalu percaya dengan MBTI mungkin 50/50, tapi saya sangat tidak mempercayai ramalan zodiak 100%. Tapi kalo untuk have fun atau bercandaan, zodiak ok lah.

Beberapa kali saya sudah melakukan tes kepribadian dan hasilnya selalu antara ISTP dan INTP. Pertama kali saya melakukan tes MBTI yang keluar adalah INTP (2019), tapi setelah saya melakukan beberapa kali percobaan hasilnya selalu INTP dan ISTP.

Sedangkan hasil terakhir yang saya dapat pada awal bulan ini adalah ISTP. Saya melakukan tes MBTI hanya untuk iseng-iseng berhadiah.

Selain itu, sejak awal saya melakukan tes MBTI saya jadi tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan saya. Saya tidak ingin dicap sebagai ISTP ataupun INTP.

Saya mencoba mempelajari kekurangan saya dalam MBTI dan mencoba meniru kelebihan dari MBTI lain. Jadi saya tidak berpegang teguh bahwa saya adalah seorang ISTP atau INTP. Saya berpegang pada prinsip saya sendiri.

Tapi kalo dipikir-pikir tulisan saya diatas memang pas untuk kepribadian ISTP atau INTP. Tapi tetap saja, saya tidak ingin sepenuhnya menjadi keduanya.

Sepertinya ISTP dan INTP adalah kombo yang luar biasa untuk mematikan rasa. Dimana dua kepribadian ini sangat mengandalkan logika daripada perasaan. Bahkan katanya untuk memunculkan empatipun sangat sulit.

Keduanya menurut saya adalah pribadi yang cuek, mandiri, fleksibel, dan menghargai kejujuran. Seorang ISTP mungkin bisa berkata "gambarmu itu jelek" kepada seseorang dengan benar-benar jujur, karena memang gambar itu memang jelek.

Mungkin yang seperti itu kurang baik, tapi ya begitulah. Hal-hal semacam itulah yang menjadi pelajaran bagi saya untuk menimbang keduanya.

Sedangkan untuk INTP adalah kebiasaan berpikirnya yang menurut saya sangat padat. Terkadang saya sering terjebak dengan situasi tersebut, dimana hanya menunggu bis saja pikirannya sudah datang dengan sendirinya.

Walaupun yang dipikirin terkadang tidak terlalu penting, ya tapi begitulah, kadang sampai bingung sendiri. Contohnya adalah "Itu mobil kok belok ke kanan kenapa ya?" terus "Kenapa deh itu orang jalannya pelan banget?".

Terkadang saya juga mempelajari MBTI lain tapi nantinya lupa. Wkwkwk. ISTP dan INTP menurutku tidak terlalu jauh berbeda. Biasanya kebanyakan dari MBTI ini adalah laki-laki.

ISTP dan INTP tidak suka basa-basi dan mudah terdistraksi. Padahal basa-basi juga diperlukan kan ya? lagi-lagi hal seperti itulah yang menjadi latihan untuk saya sendiri.

Orang bilang ISTP dan INTP adalah susah peduli dengan orang lain dan tidak mudah peka. Kalo menurut saya mereka itu tau perasaan seseorang tapi lebih memilih mengabaikannya. jadi sebenarnya peka tapi dibuat tidak peka, biar gak repot.

Persebaran ISTP dan INTP ini berada di tengah karena mereka menurut saya adalah penyeimbang. Artinya keberadaan mereka mudah ditemui. Untuk saat ini sepertinya kepribadian yang agak sulit diumpai adalah ENTJ dan ENFJ.

Mungkin beberapa orang beranggapan INFJ dan INTJ adalah yang paling langka, tapi menurut saya ENTJ dan ENFJ lah yang susah ditemukan di Indonesia atau mungkin di dunia (presentasenya paling kecil).

Kepribadian ISTP
Virtuoso | 16personalities.com

Sekali lagi. Saya masih mempercayai MBTI walaupun tidak mutlak, karena menurut saya membaca kepribadian seseorang tidaklah mudah, hanya dengan tes mengisi jawaban seperti itu saja, itu rasanya masih kurang.

MBTI INTP
MBTI INTP | 16personalities.com

Mungkin 16 jenis MBTI ini adalah bagian besarnya saja. Tidak mungkin bukan kepribadian seseorang hanya berjumlah 16 saja. Saya rasa mungkin kedepannya akan bertambah lagi, jadi tes MBTI ini nantinya dibuat berkembang.

Terakhir. Saya tidak tahu apakah saya INTP atau ISTP karena itu mungkin tidak terlalu penting, seingat saya 3 tes terakhir MBTI saya adalah ISTP (Januari 2024) INTP ( Mei 2024) ISTP (Juni  2024). Si yu ges.

9 komentar untuk "Kepribadianku Berdasarkan MBTI: ISTP dan INTP Semuanya Sama Saja"

  1. Beda tipiiis kita. Aku ISTJ mas. Dan beberapa kali tes, selalu itu ๐Ÿ˜„.

    Aku pun ga terlalu percaya kok. Krn manusia itu selalu bisa berubah. Jadi ga ada tes yg bisa detil menggambarkan kepribadian manusia. Tapi kalo sekedar utk pegangan dasar aja gapapa. Mungkin penting bagi HRD mengetahui basic staff yg mau dia rekrut atau utk keperluan lain lah.

    Suamiku bagian E, tapi aku lupa trakhir tes dia apa. Kami memang bertolak belakang sangat sih ๐Ÿคญ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener manusia selalu berubah. Sangat setuju

      Hapus
  2. Itu hanya melingkari saja ya, atau via aplikasi sih untuk jalani tes uji nya? Jadi kepo ingin tahu juga ... ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya saya coba ikut tes kepribadian ini, hasil kepo sama postingan ini, habis baca langsung saya cari tes psikotes MBTI ini dan jawabannya, saya adalah seorang seniman (ISFP), dan itu sesuai sih, cocok.

      Hapus
    2. Beda F sama T doang tapi ternyata agak jauh bedanya hehe

      Hapus
  3. Im ESTJ. Saya paling seneng brtmu kepribadian salah satunya adalah ISTP. Beruntunglah orang-orang ISTP. Kbykn dari mereka adalah pendiam tapi memiliki tingkat adaptasi yang luar biasa. dikatakan malas tapi rajin kadang rajin tapi malas.

    Mereka terlalu jujur dan apa adanya, itu harus dikendalikan. Biasanya suka bersih" tapi jangan diperintah. (-) Males ngomong atau menanggapi sesuatu (tapi tidak takut ketika memaparkan sesuatu atau empat mata) (-) Perasaan dia tidak mati. Bisa sakit hati juga, tapi memilih untuk benar" tidak merasakannya. Mungkin pikiran logisnya adalah semua orang berhak menerima dan menolak, semua tindakan ada konsekuensinya (-) Sangat amat tertutup sekali bahkan bisa melebihi INFx (-) fluktuatif cepat berubah (ini sering disalah pahami) (-) Sarkas (#) lembut, setia,sabar pada orang yang telah dipercayai (mendapat kepercayaan dari ISTP sangat susah)

    (+) Praktis, logis, objektif, kreatif (+) Introv tapi Mandiri dan Percaya diri (+) Mengamati dan tenang terkadang pemberani (+) cepat beradaptasi daripada"I" yang lain (+) menyanmpaikan sesuatu dengan singkat (terkadang memiliki grammernya tersendiri) (+) Problem solving (+) Pintar merusak tapi juga memperbaiki (=) Menunda pekerjaan setelah itu terburu buru (tapi tetap selesai) (=) Menerima pujian maupun kritikan semuanya biasa saja (Memberikan sebuah informasi lebih disukai, ucapan terimakasih kepada mereka saja sudah cukup, tidak perlu memuji atau mengkritik) (+)Suportif dan sigma

    seperti itu kira-kira pandanganku. Dilihat dari jurusan SMK teknik mesin dan dan kuliah TI sepertinya itu sudah cukup teridentifikasi awkawkawk. Tambah lagi olahraga yang diiminati dan kecintaan terhadap alam. Untuk menulis sebenernya susah ditemui tapi ISTP memiliki grammer yang baik dan uniknya tersendiri. (++) Mempunyai banyak bakat dan ketrampilan tapi tidak sombong (meskipun kadang hanya setengah").

    Pandangan umum dari seorang ISTP adalah yang penting hidup itu bermanfaat. udah gitu doang. Bener kan? awkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini terlalu panjang untuk sebuah komentar. Membaca serasa dikuliti wkwkwkwk. Saya tidak bisa menanggapi terlalu panjang. Kamu keren.

      Hapus
  4. Saya tak pernah cuba lagi test ini.. Tapi test macam ini akan selalu berubah-ubah setiap kali diambil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kannn sha... 10 kali kita ambil test ni 10 kali jugalah berubah๐Ÿ˜

      Hapus