Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Sambil Mendengarkan Musik itu Palsu

Kali ini saya akan menuliskan sesuatu yang saya buat-buat sendiri. Mungkin sebagian akan menentang apa yang akan saya tuliskan dan sebagiannya lagi setuju, mungkin juga ada yang tidak peduli.

Tulisan ini saya buat-buat untuk memasukkanya ke dalam label kategori musik. Anggap saja ini untuk mengisi kekosongan dari label kategori musik di blog ini.

Lofi Boy hear Music
Ilustrasi: Membaca sambil Mendengarkan Musik | source: diffusionart.co

Dari pada masukkan ke label opini lebih baik saya masukkan dalam label musik. Tulisan ini hanya berisi tanya jawab yang pertanyaan dan jawabannya saya jawab sendiri. Alasannya adalah biar cepet dan simple.

Mengapa Membaca Sambil Mendengarkan Musik itu Palsu?

Adegan membaca sambil mendengarkan musik merupakan adegan yang sangat berbahaya. Itu dikarenakan manusia harus berkonsentrasi pada dua kegiatan yang berbeda.

Satu indra fokus kepenglihatan satunya lagi fokus kependengaran. Dengan menggunakan dua indra tersebut sepertinya otak kita akan bingung memproses yang mana dulu jika semuanya dilakukan bersamaan.

Mungkin saja beberapa orang ada yang bisa membaca sambil mendengarkan musik dengan volume tertentu sambil membaca buku atau apalah.

Tapi menurut saya orang tersebut tidak benar-benar fokus melakukan kedua aktivitas tersebut. Jadi orang tersebut sebetulnya hanya fokus kepada satu aktivitas saja, entah itu membacanya atau mendengarkan musiknya.

Kebanyakan orang sepertinya seperti itu. Karena untuk membuat otak berkonsentrasi pada satu kegiatan saja sudah memerlukan energi yang besar, apalagi musik dalam keadaan keras genre rock dan sedangkan kita sedang membaca puisi yang lembut dan indah, udah deh kelar tuh.

Apakah Ada Orang yang Mampu Konsentrasi Mendengar Musik sambil Membaca?

Mungkin memang ada, tapi presentasinya sangat sedikit sekali. Itupun tergantung musik apa yang didengar dan dia sedang membaca apa. Tentunya masih ada faktor lainnya.

Tidak menutup kemungkinan seseorang mampu berkonsentrasi pada dua kegiatan tersebut, dan faktor yang paling besar adalah karena aktivitas tersebut sudah menjadi kebiasaan. Terkadang ada seseorang yang sedikit menyanyi kemudian fokus membaca lagi.

Itupun hanya beberapa saat saja, jadi tidak full konsentrasi melakukan keduanya. Mungkin sebagian lagi hanya mendengarkan saja musiknya dengan volume yang kecil dan irama yang disesuaikan dengan bacaan.

Apakah Membaca sambil Mendengarkan Musik dapat Membantu atau Mengganggu?

Saya sendiri bisa, jika musik yang didengarkan bagus, lembut, sesuai, dan tidak terlalu keras, apalagi seperti musik di pasar malam, yang mendengarkannya saja saya sudah tidak kuat, padahal juga tidak melakukan apa-apa.

Namun ada juga yang merasa terganggu saat mendengarkan musik sambil membaca meskipun musik yang diputar cukup lembut dan bagus. Itu tandannya orang tersebut sedang berusaha konsentrasi, hati dan pikirannya membutuhkan ketenangan agar bisa fokus.

Untuk pertanyaan ini mungkin saya akan membuat tulisan tersendiri lagi dan tempatnya bukan disini.

Lofi Music and Reading study
Ilustration: Mendengarkan Musik sambil Membaca | source: freepik.com

Fokus dengan Satu Kegiatan agar Lebih Maksimal

Saran saya terkait mendengarkan musik sambil membaca adalah. Lebih baik fokus dalam satu kegiatan baru kemudian melakukan keiatan lainnya agar tingkat konsentrasinya selalu tinggi dan tidak terganggu.

Tapi jika tidak terganggu dan malah membantu tentu saja tidak masalah. Yang penting nyaman dan tidak mengganggu orang dan lingkungan sekitar.

Akhiran

Tulisan ini tidak mengambil dari sumber manapun dan dituliskan secara langsung dari atas sampai bawah secara spontan, yang ada dipikiran saya, maka saya tulis.

Jangan salah juga bahwa musik juga dapat menginspirasi karya tulis begitu pula sebaliknya. Untuk rekomendasi musik dari saya adalah "Dear God" atau anak warnet menyebutnya "Dirgad". Semoga sukses selalu, dan jangan lupa makan dan bernafas.

Sesuatu yang paling enak yang dapat dilakukan sambil mendengarkan musik adalah saat menjelang tidur.

See yu amigos, Espero que te conviertas en una persona útil. Sampai jumpa.

28 komentar untuk "Membaca Sambil Mendengarkan Musik itu Palsu"

  1. Obrigada pela visita em meu cantiho, gostei muito.
    Eu adoro ler, escrever e escutar música, acho que é um remédio para a alma.
    Mas particularmente, preciso de silêncio para escrever e ler.
    Abraços.

    https://sensualidadeeerotimo.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. tika berkarya boleh dgr audio lain juga utk menginpirasi

      Hapus
    2. Usei a tradução do google para português. Obrigado, espero que você sempre seja consistente ao escrever

      Hapus
  2. I couldn't listen to music and read at the same time because I'm too easily distracted.

    BalasHapus
  3. Ya kalau study sy perlu fokus mmg x akn dgr lagu.. dulu masa bergelar mahasiswa di kampus sering saja sy pakai walkman tp bukan dgr lagu pun, sekadar tidak mahu ditegur siapa2 so dapat fokus membaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beda generasi dengan saya, saya terkadang juga melakukan hal yang sama

      Hapus
  4. Bisa baca sambil dengerin musik, asal musiknya tipe yang nggak ada liriknya alias instrumental, klasik, gitu....salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal bang, kebanyakan orang suka musik instrumental saat membaca, kalo diperpustakaan biasaanya genre lofi

      Hapus
  5. Quando leio gosto do silêncio.
    Obrigada pelas palavras deixadas no meu "Ortografia". Passarei aqui outras vezes.
    Um beijo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eu uso a tradução do Google Português. A ortografia é muito legal, espero que continue consistente.

      Hapus
  6. Good article and the art work is wonderful ~ thanks for commenting on my blog ~

    I usually have classical music on ~ in fact ~ it is on all day and into the night ~ I read while the music is on ~ Read Abraham Maslow (a deceased American psychologist) who suggested classical music was good for the brain and focusing) ~

    Wishing you good health, laughter and love in your days,
    A ShutterBug Explores,
    aka (A Creative Harbor)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for the comment. I think I'll look for Abraham Maslow.

      Hapus
  7. Otak yang boleh mengerjakan dua pekerjaan dalam satu masa.. mendengar dan membaca.. cara org mungkin berbeza gitu.. :D

    BalasHapus
  8. Es según la música y lo que lees. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank You. Greetings from Indonesia to Ecuador.

      Hapus
  9. Kadang2 bila membaca sambil dengar muzik apa lagi kalau muziknya kena dengan tema buku yang dibaca, jadi makin asyik membaca. Dulu ada kawan yang bila buat ulangkaji untuk exam, kena dengar radio kalau tak dia mengantuk langsung tutup buku dan tidur 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali semua tergantung jenis bacaan dan musiknya. Jangan lupakan juga tentang suasana hati dan pikiran.

      Hapus
  10. Saya gak bisa keduanya..kalo ngebaca ya baca aja..kalo denger musik ya sambil rebahan..no baca" biar lebih merasuk ke hati ..hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya itu sangat bagus, konsentrasi jadi lebih maksimal.

      Hapus
  11. I think if affects all of us differently. It can help creativity. I know songs will inspire at times when I write. Although, studying, I am sure I would be not as focused as some. At the moment, my favorite band is Current Joys. It's the guitar riffs I like the most in their music..so to say I like a good sound score in a movie.

    BalasHapus
  12. salam kenal.. blog ni cantik dan kemas. dan sememangnya mama sendiri terasa pelik jika mau konsentrasi 2 perkara ini. Membaca perlukan fokus, kalau buat kerja lain mungkin boleh sambil mendengar music

    BalasHapus
  13. Dulu dulu saya memang suka dengar muzik kalua study. Cuma tu laa… focus lari… tapi sekarang kalua buat tugasan rumah wajib dengar lagu. Barulah rasa lebih bersemangat hahaha

    BalasHapus
  14. Sebenarnya mengerjakan sesuatu sambil denger musik sah-sah aja mas, tergantung jenis kegiatannya apa dan musik apa yang didengar. Kalau untuk menulis dan membaca, usahakan dengarkan lagu instrumental saja. Biar memperkuat suasana ambience saja. Karena kalau ada liriknya, itu emang distracting banget si. Kita jadi fokus ke lirik, bukan ke yang kita baca.

    Tapi kalau kegiatannya banyak pake muscle memory, kayaknya disambi denger musik ga masalah si. Misalkan sambil nyetrika, lipetin baju, nyapu dan beresin kamar dll, aman-aman aja.

    BalasHapus
  15. Seja qual for a situação, repartir a nossa atenção por mais do que uma atividade, simltaneamente, é sempre uma perda de foco naquilo que é realmente importante fazer.
    Abraço de amizade.
    Juvenal Nunes

    BalasHapus
  16. Ada kawan yang boleh membaca sambil dengar muzik tapi saya tak boleh.

    BalasHapus
  17. Excellent article.
    Reading and listening to music are two activities that I really enjoy doing, but one at a time, not both at the same time.
    All the best for you

    BalasHapus