Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Konten Blog Low Value

Hola amigos, sebenarnya saya tidak terlalu pantas juga membahas tentang konten blog yang low value, sebab konten yang ada di blog ini juga low value. Wkwkwk

Low Value Content Word
Tulisan Low Value Content | Dokpri (Nova Rio Redondo)

Tapi ya gak apa-apakan namanya cuma berbagi. Sapa tau bermanfaat, seperti biasa, terlepas nanti tulisan ini ada yang baca atau tidak saya tidak peduli.

Entah yang baca sedikit atau banyak saya juga tidak peduli. Selamat membaca amigos.

Definisi Konten Low Value

Secara singkatya adalah, konten blog low value merujuk kepada konten yang tidak memberikan nilai atau manfaat yang signifikan bagi pembaca. Jenis konten ini cenderung dianggap tidak relevan, tidak informatif, atau tidak bermutu.

Konten blog yang low value ini sangat tidak diinginkan oleh Google apalagi user. Google selalu ingin konten yang ada disetiap tampilannya terlihat bermanfaat dan informatif, apalagi konten yang terletak pada page one.

Konten low value terkadang sangat sulit muncul dihalaman google, walaupun terkadang ada juga web atau media arus utama yang memiliki konten low value tapi asik nangkring di laman teratas mesin pencarian Google.

Cara Mengatasi Konten Low Value

Ada beberapa cara agar blog tidak dianggap memiliki konten low value. Saya akan membagikan beberapa yang saya tahu dan saya pelajari saja. Terlepas blog ini apakah memiliki konten yang low value juga. Wkwkwkw.

1. Jangan Copy Paste atau Membuat Konten Full dari AI

Ini adalah hal yang paling dasar saat membuat konten apalagi berupa tulisan. Tulisan yang sama dari konten lain tentunya akan secara mudah dibaca oleh Google.

Selain itu tindakan copy paste juga merupakan sebuah pelanggaran suatu karya tulis. Apalgi jika copy paste yng dilakukan adalah keseluruhan konten. Dari awal hingga akhir.

Melanggar tindakan ini bahkan bisa juga berakhir dengan tindakan pidana. Kalau bisa tulislah dengan jujur sesuai kemampuan saja, cari materi lewat search engine tiru lalu modifikasi setelah itu baru kembangkan.

2. Perbaiki Menu Navigasi Blog

Semakin jelas navigasi sebuah blog maka akan mudah dipahami oleh pengguna maupun mesin Google untuk di crawl. Semua yang ada pada blog harus jelas, menu ini menuju kesini harus jelas.

Kalau bisa jangan sampai ada tujuan link yang rusak. Pastikan mengisi link navigasi dengan benar dan tepat, pastikan juga bahwa setiap menu navigasi yang ada diblog tidak memberatkan. Seting seperlunya saja.

Jika menggunakan blogspot hal itu akan menjadi lebih mudah. Pastikan juga ini terlihat dengan jelas dan rapi.

3. Buatlah Artikel yang Bersifat Informatif dan Mudah Dipahami

Semua orang ingin mengakses sebuah informasi di mesin pencari. Maka tampilkanlah konten yang baik dan informatif. Usahakan judul selalu berkaitan dengan isinya, jangan terlalu memperlebar pembahasan.

Jangan memperlebar pembahasan bukan berarti tidak lengkap, jika perlu konten yang berada di blog harus jelas runtut dan mudah dipahami. Jika ada sebuah informasi sampaikan dengan lengkap.

Tulisan informatif memungkinkan mengangkat blog anda menuju page one. Jikapun yang membaca blog sdikit, setidaknya itu sudah berguna untuk menambah wawasan pembaca.

Jika perlu cantumkan juga sumber kutipan agar jelas darimana informasi itu didapat. Terutama jika pembahasan yang ada dalam konten adalah pembahasan yang berat.

4. Sertakan Gambar yang Sesuai

Menyertakan gambar menurut saya adalah hal yang penting dalam berkonten melalui blog, gambar bisa jadi penjelas dan dapat juga untuk menarik perhatian pembaca, sekaligus untuk memperindah blog.

Pasang gambar yang berkaitan dengan isi konten. Usahakan juga bahwa gambar yang dipasang itu jelas tidak burik, pecah, buram dan bila perlu gambar itu juga berisi sebuah informasi yang penting.

Gambar pada blog juga dapat menarik orang untuk mampirke blog yang sudah kita buat. Semakin bagus gambar yang kita miliki maka semakin besar kemungkinan untuk menarik pengguna internet.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan sumber gambar dan beri deskripsi gambar dengan jelas dan akurat, bila perlu sedetail mungkin dari objek sampai background.

5. Jangan Hanya buat Beberapa Konten Lalu Menghilang

Ini merupakan hal yang penting. Jika kita membuat satu konten saja dalam blog kemudian tidak membuatnya lagi. Sebagus apapun itu, maka Google bisa mengecap bahwa konten yang berada di blog tersebut low value.

Berikan bahwa seolah-olah blog yang sedang diolah memiliki kredibel yang tinggi dengan terus menulis sesuatu yang sama. Walaupun blog ini tidak begitu. Wkwkwkw.

Robot Google sudah canggih merka dapat mengetahui mana yang memiliki kredibel bagus. 

Sering-sering membuat tulisan yang bermanfaat itu menurut saya lebih bagus, dari pada memberi satu informasi yang banyak kemudian menghilang entah keamana. Jadi sedikit tapi pasti dan konsisten saya rasa lebih baik.

6. Jangan Membuat Tulisan Terlalu Pendek 

Konten yang terlalu pendek dan sedikit tentunya kurang baik, apalgi dimata robot Google. Saran saya adalah membuat konten dengan minimal memiliki 600 kata. dengan maksimal kata adalah 4000an.

Pastikan juga semuanya urut dan teratur, setiap kata yang ditulis kalau bisa selalu berkaitan dengan apa yang sedang diahas dan apa yang sedang dibicarakan.

Kita sedang tidak membuat konten yang sama dimedia sosial seperti di Instagram, Tik tok, atau Facebook bukan?

Maka dari itu di blog yang kita miliki kita lebih bebas menyampaikan semuanya dengan jelas, informatif, teratur dan secara baik.

7. Pastikan Juga Konten Tidak Melanggar Kebijakan Lain

Jangan membuat konten yang berlawan dengan kebijakan paltform blog, Google, atau aturan negara dan agama sekalipun.

Jangan membuat konten untuk menyebar kebencian, untuk menyebarkan pornografi, menjelekan suku atau suatu bangsa atau golongan. 

Sesuaikan isi kontendengan target pembaca. Termasuk juga dengan gambar yang ada pada konten semuanya harus baik dan infromatif.

Jangan pernah sekali-kali membuat berita hoax hanya untuk membuat tulisan yang akan cepat viral. Itu tidak boleh ya gaes. Ingat akhirat juga ya.

8. Jangan Memasang Iklan Terlalu Banyak di Dalam Konten

Memasang iklan yang berlebihan di dalam konten juga tidak baik. Hal itu malah membuat jengkel pembaca. Letakan seperlunya saja.

Walaupun Iklan merupakan hal yang penting bagi para blogger, tapi jangan sampai kehadirannya mengganggu pembaca.

Bayangkan jika ada pembaca yang merasa terganggu dengan adanya iklan yang terlalu berlebihan, kemudia pembaca itu melaporkan blog miliki kita karena hal sepele tersebut.

9. Perhatikan Display 

Terlihat sederhana tapi menurut saya ini penting. Menata tulisan, menata gambar, menata tampilan koten. Ini memang suatu keharusan.

Jika semuanya tertata dengan rapi maka akan lebih enak dipandang dan lebih enak untuk dibaca dan dipahami. Tidak terlihat acak-acakan.

Pastikan proporsi gambar dan tulisan itu seimang. Gunakan tanda baca yang sesuai, jika perlu jangan ada salah ketik. Walaupun itu bisa dibilang merupakan hal yang normal yang sering ditemui di blog.

Kesimpulan

Dari semuanya saya hanya berbagi yang saya tahu saja, saya hanya mencoba belajar dan berbagi. Semuanya kadang saya praktikkan, kadang saja juga malas. Hehehe.

Semua terserah padamu aku begini adanya. Karena semua itu berpengaruh pada pendaftaran Adsense. Walaupun saya belum daftar Adsense tapi saya tetap akan mencoba daftar.

Satu hal yang pasti adalah bahwa jika melakukan hal yang ada di atas untuk membuat sebuah konten atau tulisan itu tidaklah rugi amigos.

Selamat bersenang amigos, semoga harimu menyenangkan amigos. Salam hangat untuk orang tersayang dan keluarga dirumah.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Konten Blog Low Value"